Rabu, Januari 19, 2011

Bilangan Raka’at Shalat Tarawih dan Cara Melaksanakannya

Rasulullah Saw menganjurkan kepada kita untuk menghidupkan malam Ramadhan dengan memperbanyak sholat. Berikut adalah bilangan raka’at shalat tarawih dan cara melaksanakannya menurut sunnah Rasulullah Saw.

1. Bilangan raka'at shalat Tarawih Rasulullah saw. adalah 11 raka'at, yaitu 4 raka'at, kemudian 4 raka'at, kemudian 3 raka'at witir.

مَا كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَزِيدُ فِي رَمَضَانَ وَلاَ فِي غَيْرِهِ عَلَى إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً يُصَلِّي أَرْبَعًا فَلاَ تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ ثُمَّ يُصَلِّي أَرْبَعًا فَلاَ تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ ثُمَّ يُصَلِّي ثَلاَثًا

Rasulullah saw. tidak pernah mengerjakan shalat pada bulan Ramadhan atau di luar Ramadhan lebih dari sebelas raka'at. Beliau shalat empat raka'at, maka janganlah engkau tanyakan tentang baiknya dan lamanya beliau berdiri. Selanjutnya beliau shalat lagi empat raka'at, maka janganlah engkau tanyakan tentang baiknya dan lamanya beliau berdiri. Selanjutnya beliau shalat tiga raka'at. (Hadits riwayat Bukhari, Muslim, Abu Daud, Tirmidzy, dan Nasa'i dari Aisyah, istri Rasulullah saw.)

2. Dalam riwayat tersebut hanya disebutkan bilangannya saja, tanpa menyebutkan cara yang dilakukan Rasulullah saw. dalam shalat Tarawih 4 raka'at, 4 raka'at dan 3 raka'at itu. Akan tetapi dalam hadits lain dari 'Aisyah yang juga diriwayatkan oleh Muslim disebutkan caranya, yaitu:

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ : كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي فِيمَا بَيْنَ أَنْ يَفْرُغَ مِنْ صَلاَةِ الْعِشَاءِ إِلَى الْفَجْرِ إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً يُسَلِّمُ بَيْنَ كُلِّ رَكْعَتَيْنِ

Dari Aisyah, sungguh Rasulullah saw. dahulu biasa shalat antara sesudah shalat 'Isya' sampai datangnya waktu Shubuh sebelas raka'at dan setiap dua raka'at beliau salam.

3. Dari uraian 'Aisyah pada point 2 tersebut kemudian disimpulkan atau dipahami, bahwa shalat Lail maupun Tarawih 8 raka'at itu dilakukan 2 termin atau 2 tahap. Yaitu termin pertama 4 raka'at dengan cara 2 raka'at salam, 2 raka'at salam lalu istirahat lama. Kemudian termin kedua 4 raka'at lagi dengan cara 2 raka'at salam, 2 raka'at salam, lalu istirahat lama. Kemudian 3 raka'at witir. Pemahaman ini sesuai dengan hadits Ibnu 'Abbas yang diriwayatkan oleh Imam Nasa'i:

كُنْتُ عِنْدَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَامَ فَتَوَضَّأَ وَاسْتَاكَ وَهُوَ يَقْرَأُ هَذِهِ الْآيَةَ حَتَّى فَرَغَ مِنْهَا "إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَآيَاتٍ لِأُولِي الْأَلْبَابِ" ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ عَادَ فَنَامَ حَتَّى سَمِعْتُ نَفْخَهُ ثُمَّ قَامَ فَتَوَضَّأَ وَاسْتَاكَ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ نَامَ ثُمَّ قَامَ فَتَوَضَّأَ وَاسْتَاكَ وَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ وَأَوْتَرَ بِثَلَاثٍ

"Saya dulu pernah bermalam di rumah Nabi saw. lalu beliau bangun malam, lalu wudhu' dan bersiwak, lalu baca ayat "inna fi khalqissamaawaati ... (Ali 'Imran:190), kemudian beliau shalat 2 raka'at, kemudian kembali ke tempatnya lalu tidur sampai aku dengar suara dengkurannya. Kemudian beliau bangun, lalu wudhu' dan bersiwak kemudian shalat 2 raka'at, kemudian tidur, kemudian bangun, lalu wudhu' dan bersiwak dan shalat 2 raka'at dan witir 3 raka'at."

4. Sahabat Ibnu Abbas juga menyebutkan lebih jelas lagi pada hadits riwayat Nasa'i tentang hal yang sama yaitu:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي مِنْ اللَّيْلِ ثَمَانَ رَكَعَاتٍ وَيُوتِرُ بِثَلاَثٍ وَيُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ صَلاَةِ الْفَجْرِ

"Dahulu Rasulullah saw. biasa shalat lail 8 raka'at dan witir 3 raka'at dan 2 raka'at shalat sebelum shubuh."

Dengan penjelasan hadits Aisyah dan Ibnu Abbas tersebut di atas, maka kita mendapatkan kepastian cara melakukan 4 raka'at yang dimaksudkan oleh hadits Aisyah itu, yaitu 4 raka'at adalah termin atau tahap, dan setiap tahap 4 raka'at itu cara melakukannya adalah 2 raka'at salam, 2 raka'at salam, lalu istirahat lama. Bahkan dalam istirahat itu Nabi saw. kembali ke tempat tidurnya, lalu tidur, seperti keterangan point 3.

5. Mengerjakan shalat Tarawih empat raka'at dapat juga dilakukan dengan duduk tasyahud awal setelah raka'at kedua, sesuai dengan hadits lain dari 'Aisyah yang juga diriwayatkan oleh Muslim:

... وَ كَانََ يَقُولُ فِي كُلِّ رَكْعَتَيْنِ التَّحِيَّةَ ...

" ... dan adalah (Nabi) bersabda : "Pada tiap-tiap dua raka't mengucapkan at-tahiyyat ...."

Dengan riwayat ini berarti bahwa bila suatu shalat dikerjakan 4 raka'at, setelah mengerjakan 2 raka'at pertama ada duduk tasyahud awal, bukan 4 raka'at langsung tanpa duduk tasyahud awal. Jadi mengerjakan shalat Tarawih 4 raka'at yang benar ialah dengan duduk tasyahud awal seperti shalat Zhuhur, 'Ashar atau 'Isya'.

Mengerjakan shalat Tarawih maupun Lail dengan 4 raka'at sekali salam tanpa duduk tasyahud awal tidak ada contohnya dari Nabi saw. Cara seperti itu hanya berdasarkan reka-reka akal.

Cara melakukan witir 3 raka'at salam dijelaskan dalam hadits 'Aisyah, yaitu:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُوْتِرُ بِثَلاَثٍ لاَ يَقْعُدُ اِلاَّّ فِي آخِرِهِنَّ

"Dahulu Rasulullah saw. biasa witir 3 raka'at tanpa duduk kecuali pada raka'at terakhir." (HR Baihaqy)

Dengan hadits ini jelas, bahwa shalat witir 3 raka'at dikerjakan langsung tanpa duduk tasyahud awal, tetapi hanya sekali duduk tasyahud pada raka'at terakhir. Sedangkan mengerjakan witir 3 raka'at dengan 2 raka'at salam, kemudian ditambah satu raka'at lagi lalu salam, tidak terdapat dalam hadits-hadits yang shahih.

6. Mengerjakan shalat Tarawih maupun Lail dengan 4 raka'at sekali salam tanpa duduk tasyahud awal tidak ada contohnya dari Nabi saw. Cara seperti itu hanya berdasarkan reka-reka akal.

7. Cara melakukan witir 3 raka'at salam dijelaskan dalam hadits 'Aisyah, yaitu:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُوْتِرُ بِثَلاَثٍ لاَ يَقْعُدُ اِلاَّّ فِي آخِرِهِنَّ

"Dahulu Rasulullah saw. biasa witir 3 raka'at tanpa duduk kecuali pada raka'at terakhir." (HR Baihaqy)

Dengan hadits ini jelas, bahwa shalat witir 3 raka'at dikerjakan langsung tanpa duduk tasyahud awal, tetapi hanya sekali duduk tasyahud pada raka'at terakhir. Sedangkan mengerjakan witir 3 raka'at dengan 2 raka'at salam, kemudian ditambah satu raka'at lagi lalu salam, tidak terdapat dalam hadits-hadits yang shahih.

Wallahu'alam Bish Showab...

Maraji'/Pustaka rujukan

  1. Majlisul A'la li Syu'unil Islamiyah: Al Muntakhab minas Sunnah, jilid V, Qahirah, tahun 1992.
  2. Abu Abdur Rahman, Ahmad bin Syu'aib an Nasa'i: Sunanun Nasa'i, juz III, hal 237, Darul Fikri, Beirut, tahun ...
  3. Nashiruddin al Albani: Irwaul Ghalil, fi takhriji ahaadiitsi manaaris-sabiil, jilid II, hal: 151, alMaktab al Islami, Beirut, tahun 1985
  4. Jamaluddin az Zaila'y: Nashbur-Raayah, jilid II, hal 158-159, Daarul Hadits, Qahirah, tahun 1995
  5. Abdullah bin Abdur Rahman al Bassam: Taudhihul ahkaam min Bulughil Maram, jilid II, hal 200-204, an Nahdhah al Haditsah, Makkah al Mukarramah, tahun 1994

Source : abujibriel.com

23 komentar:

  1. terima kasih kepada yang mengeposkan artikel ini juga kepada Muhammadiyah yang telah menjelaskan prosesi tata cara sholat witir yang benar beserta dalillnya... alafuu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam NU
      ORANG bijak bijak ngomong"madhab saya yang benar dan madhab yang lain yang salah tapi tidak menutup kemungkinan madhab saya yang salah dan madhab yang lain yang bennar peeeace

      Hapus
    2. a). 11 Rakaat ialah contoh dari Nabi s.a.w. dengan dalil di atas.

      b). 39 rakaat ialah contoh dari sebahagian kaum ansor dengan dalil di bawah.

      c). 23 rak‘at ialah contoh dari sebahagian kaum muhajirin dengan dalil di bawah.

      Contoh dari siapakah yang anda suka???

      Hapus
    3. Ikut Nabi. Pasti selamat.

      Hapus
  2. Pendapat para ulama’ mengenai sholat tarawih jumlah rakaatnya 20 roka'at bukan 8 roka’at : Berdasarkan dalil dan kaedah di atas, para ulama’ dalam mazhab Syafi’e (Syafi’iyyah) mengistinbatkan bilangan rakaatnya seperti berikut: 1) Disebutkan di dalam Mukhtashar Al- Muzani: . “Sesungguhnya Imam Syafi’e berkata: Aku telah melihat mereka di Madinah mendirikan (Solat Tarawih) denga 39 rakaat, dan aku menyukai 20 rakaat kerana telah diriwayatkan dari Umar. Dan begitu juga di Makkah, mereka mendirikan 20 rakaat dan mengerjakan Witir dengan 3 rakaat.” 2) Imam Nawawi berkata di dalam Syarh al- Muhazzab: … – … “Sholat Tarawih termasuk di dalam sholat Nawafil yang muakkad seperti mana yang ditunjukkan perkara itu oleh hadith-hadith yang mulia yang telah disebut terdahulu. Ia adalah sebanyak dua puluh rakaat selain dari sholat Witir. (Jika) bersama Witir maka ia menjadi 23 rakaat…atas jalan inilah berlalunya sunnah dan sepakat ummah, dari kalangan Salaf dan Khalaf dari zaman Khulafa’ ar-Rasyidin Umar ibn Al-Khattab, semoga Allah meredhainya dan dia meredhaiNya juga sampailah ke zaman kita ini…Tidak ada seorang pun ahli feqah dari kalangan empat imam mazhab (Hanafiyyah, Malikiyyah, Syafi’iyyah dan Hanabilah) membantah perkara ini, melainkan apa yang diriwayatkan dari Imam Dar al-Hijrah, Imam Malik bin Anas tentang pendapat yang lebih bilangannya pada sholat Tarawih kepada 36 rakaat…Dalam riwayat kedua daripada Imam Malik, iaitu dengan hujahnya beramal dengan amalan penduduk Madinah iaitu: Sesungguhnya diriwayatkan dari Nafi’ sesungguhnya dia berkata: Aku mendapati orang ramai mendiri Ramadhan (sholat Tarawih) dengan 39 rakaat dan mereka mendirikan Witir daripadanya sebanyak 3 rakaat…” Syaikh Muhammad Ali ash-Shabuni menambah: … . “Adapun riwayat yang masyhur daripada Imam Malik, iaitulah yang diittifaqkan Jumhur ulama’ dari kalangan Hanafiyyah, Syafi’iyyah dan Hanabilah atas sholat Tarawih itu 20 rakaat. (Oleh itu) atas sebab perkara itulah (iaitu riwayat yang kedua ini), maka jadilah (sholat Tarawih sebanyak 20 rakaat) adalah ittifaq empat mazhab dan lengkaplah (ia menjadi) ijma’.” 3) Imam Nawawi juga menyebutkan di dalam Al-Majmu’: “Mazhab kami ialah sesungguhnya ia 20 rakaat dengan 10 salam selain Witir. Jadi ada 5 rehat, dan setiap sekali rehat ada 4 rakaat dengan 2 salam…Dan mengikut juga pendapat inilah (iaitu 20 rakaat) oleh Abu Hanifah dan rakan-rakannya, Ahmad, Daud (azh-Zahiri) dan selain dari mereka. Al-Qadhi ‘Iyadh juga menukilkannya dari jumhur Ulama’. Imam Malik berkata: Sholat Tarawih ada 9 rehat iaitu 36 rakaat selain dari Witir.” 4) Imam Syarbini al-Khatib menyebutkan: “Dan Tarawih itu 20 rakaat dengan 10 salam setiap bulan Ramadhan. Demikiannlah hadith Al-Baihaqi dengan sanad yang shahih bahawasanya sahabat-sahabat Nabi mendirikan sembahyang pada masa Umar bin Al- Khattab dalam bulan Ramadhan sebanyak 20 rakaat. Dan Imam Malik meriwayatkan di dalam Al-Muwaththo’ sebanyak 23 rakaat, tetapi Imam Al-Baihaqi mengatakan bahawa yang tiga rakaat yang akhir ialah Sembahyang Witir.” 5) Imam Jalal ad-Din al-Mahalli berkata: “Dan Imam Al-Baihaqi dan selainnya meriwayatkan dengan sanad yang shahih seperti yang dikatakan di dalam Syarah al- Muhazzab bahawasanya para sahabat mendirikan sholat Tarawih pada zaman Umar bin Al-Khattab pada bulan Ramadhan dengan dua puluh rakaat.”

    BalasHapus
  3. 6) Al-Allamah al-Imam Ar-Ramli berkata: “Dan ia (Sholat Tarawih) adalah 20 rakaat dengan 10 salam pada setiap malam dari malam-malam bulan Ramadhan kerana diriwayatkan bahawasanya para sahabat mendirikan sholat Tarawih pada zaman Umar bin Al-Khattab pada bulan Ramadhan dengan dua puluh rakaat.” 7) Imam Zainuddin bin Abd al-Aziz al-Malibari dalam kitab Fath al-Mu’in menyimpulkan bahawa sholat Tarawih hukumnya sunat yang jumlahnya 20 rakaat: )) (( . “Sholat Tarawih hukumnya sunat, 20 rakaat dan 10 salam pada setiap malam di bulan Ramadhan. Kerana ada hadith: Barang siapa melaksanakan (sholat Tarawih) di malam Ramadhan dengan iman dan mengharap pahala, maka dosanya yang terdahulu diampuni. Setiap dua rakaat harus salam. Jika sholat Tarawih 4 rakaat dengan satu kali salam maka hukumnya tidak sah……” Di dalam kitab Rahmah al-Ummah fi Ikhtilaf al-Aimmah karangan Al-Allamah Abi Abdillah Muhammad bin Abdur Rahman ad- Dimasyqi al-Uthmani asy-Syafi’e pada Hamisy al-Mizan al-Kubra menyatakan: “(Fasal): Dan termasuk dari sholat-sholat sunat ialah Sholat Tarawih pada bulan Ramadhan di sisi Abu Hanifah, Syafi’e dan Ahmad iaitu ia adalah sebanyak 20 rakaat dengan 10 salam. Dan mendirikannya secara berjama’ah adalah afdhal.” 9) Syaikh Abd al-Qadir ar-Rahbawi menyebutkan di dalam kitabnya As-Sholah ‘ala al-Mazahib al-Arba’ah: … “Dan bilangan rakaatnya (Sholat Tarawih) 20 rakaat. Dan inilah yang diterangkan oleh Sayyiduna Umar bin Al-Khattab dengan perbuatannya ketika mengumpulkan para sahabat akhirnya dalam masjid. Dan (menyuruh) mereka bersembahyang di belakang seorang imam. Para sahabat bersetuju atas perbuatannya itu dan tidak ada seorangpun Khalifah yang datang selepas mereka (selepas sahabat) yang menyalahkan mereka (Umar dan generasi sahabat yang melakukan 20 rakaat).” 10) Mufti Besar Negara Mesir, Al-Allamah Syaikh Ali Jum’ah [30] menyebutkan di dalam kitabnya Al-Bayan Lima Yasyghal al- Azhan: . “Dan yang benarnya (dalam perkara rakaat Tarawih) ialah, sesungguhnya umat Islam telah ijma’ ke atas Sholat Tarawih itu 20 rakaat tidak termasuk Witir, dan 23 rakaat termasuk Witir yang mana itulah yang mu’tamad (dipegang) oleh mazhab- mazhab feqah yang empat: Mazhab Hanafi, pendapat yang masyhur dalam mazhab Maliki, mazhab Syafi’e dan mazhab Hanbali.” 11) Di dalam kitab Al-Fiqh ‘Ala al-Mazahib al-Arba’ah disebutkan: “Dan sesungguhnya telah tetaplah (thabit) bahawa Sholat Tarawih adalah 20 rakaat (menurut semua imam mazhab) selain Witir 12) Disebutkan di dalam kitab Al-Hady an- Nabawi ash-Shahih fi Solah at-Tarawih karangan Syaikh Muhammad Ali ash- Shabuni: : . “Al-Imam At-Tirmizi berkata di dalam kitab Jami’nya yang bernama Sunan at-Tirmizi: Kebanyakan Ahl al-Ilm di atas pendapat seperti yang diriwayatkan dari Sayyiduna Umar, Sayyiduna Ali dan selain keduanya dari para sahabat Nabi iaitu (mendirikan sholat Tarawih sebanyak) 20 rakaat. Ia adalah pendapat Sufyan ath-Thauri, Ibn Al-Mubarak, Syafi’e. Imam Syafi’e berkata: Dan beginilah aku mendapati orang ramai di Makkah mereka mendirikan (sholat Tarawih dengan ) 20 rakaat.” Intaha. Ibn Rusyd menyebutkan di dalam Bidayah al- Mujtahid: – – . “Imam Malik telah memilih –dalam salah satu di antara dua pendapatnya-, juga Abu Hanifah, Syafi’e, Ahmad dengan 20 rakaat selain Witir.” Seterusnya Syaikh Muhammad Ali ash- Shabuni menyebutkan: “Bahawa kedua Haramaian (Masjidil Haram dan Masjid Nabawi) juga menjadi panduan dan ikutan kita dalam perkara Sholat Tarawih 20 rakaat ini yang mana kedua-dua masjid suci ini mendirikan Sholat Tarawih dengan 20 rakaat sejak zaman dahulu lagi sehingga sekarang.” __________________________________ Meskipun demikian bila shalat taraweh dilakukan kurang dari 20 rakaat juga telah mendapatkan kesunahan seperti keterangan dalam kitab at-tausyah Hal. 52 “Shalat taraweh adalah 20 roka’at dengan sepuluh salaman secara wajib, bila seseorang shalat kurang dari 20 rokaat maka ia juga telah mendapatkan yang ia kerjakan” Wallaahu A'lamu Bis showaab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bismillah,
      Maha suci Allah,

      INI PENDAPAT SAYA SEBAGAI ORANG YANG GOBLOK LHO YAH (jadi harap maklum dan tetap damai) :)

      Kalau menurut saya begini saja :
      1. Kalau anda merasa sebagai umat Rasulullah, maka ikutilah ajarannya Rasulullah !!!
      2. Kalau anda merasa bukan sebagai umat Rasulullah, ya nggak usah ikuti ajaran Rasulullah.

      Ingat, resiko nanti anda yang tanggung sendiri :)

      Mengenai mana yang sesungguhnya ajaran Rasulullah, ya harus di kaji baik2 dengan fikiran terbuka. Jangan merasa benar sendiri dan merasa ilmu kita ini sudah mumpuni. Akan tetapi bukalah wawasan dan hati demi kebaikan bersama.

      Jika anda termasuk golongan yang paling banyak jamaahnya bukan berarti anda berada pada golongan yang benar. Ingat Rasulullah awalnya juga berdakwah sendirian diantara begitu banyak kaum kafir jahiliyah.

      Dan yang dikerjakan secara turun temurun juga belum tentu benar sebagaimana kaum jahiliyah mengerjakan adat nenek moyang mereka.

      Kalau menurut saya yang kurang wawasan ini, sebaiknya kita kembali kepada Qur'an dan Hadits, tinggalkan perkara yang syubhat apalagi yang bersifat bid'ah.

      Hadits-hadits Rasulullah soal perkara bid'ah :

      “Barangsiapa membuat suatu perkara baru dalam urusan kami ini (urusan agama) yang tidak ada asalnya, maka perkara tersebut tertolak” (HR. Bukhari no. 2697 dan Muslim no. 1718)

      Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam setiap memulai khutbah biasanya beliau mengucapkan:

      “Amma ba’du. Sesungguhnya sebaik-baik perkataan adalah kitabullah dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sejelek-jelek perkara adalah (perkara agama) yang diada-adakan, setiap (perkara agama) yang diada-adakan itu adalah bid’ah, setiap bid’ah adalah kesesatan” (HR. Muslim no. 867)

      Kalau setiap bid'ah adalah kesesatan, bukankah itu berarti bahwasanya tidak ada itu bid'ah yang baik (hasanah) ataupun bid'ah yang buruk karena sudah di sebut oleh Rasulullah bahwa setiap bid'ah adalah kesesatan!!!

      Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

      أُوصِيكُمْ بِتَقْوَى اللَّهِ وَالسَّمْعِ وَالطَّاعَةِ وَإِنْ عَبْدًا حَبَشِيًّا فَإِنَّهُ مَنْ يَعِشْ مِنْكُمْ بَعْدِى فَسَيَرَى اخْتِلاَفًا كَثِيرًا فَعَلَيْكُمْ بِسُنَّتِى وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الْمَهْدِيِّينَ الرَّاشِدِينَ تَمَسَّكُوا بِهَا وَعَضُّوا عَلَيْهَا بِالنَّوَاجِذِ وَإِيَّاكُمْ وَمُحْدَثَاتِ الأُمُورِ فَإِنَّ كُلَّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ

      “Aku wasiatkan kepada kalian untuk bertakwa kepada Allah, tetap mendengar dan ta’at kepada pemimpin walaupun yang memimpin kalian adalah seorang budak dari Habasyah. Karena barangsiapa di antara kalian yang hidup sepeninggalku nanti, dia akan melihat perselisihan yang banyak. Maka wajib bagi kalian untuk berpegang pada sunnah-ku dan sunnah Khulafa’ur Rasyidin yang mereka itu telah diberi petunjuk. Berpegang teguhlah dengannya dan gigitlah ia dengan gigi geraham kalian. Jauhilah dengan perkara (agama) yang diada-adakan karena setiap perkara (agama) yang diada-adakan adalah bid’ah dan setiap bid’ah adalah kesesatan” (HR. At Tirmidzi no. 2676. ia berkata: “hadits ini hasan shahih”)

      Nah, dari hadits dia atas bisa di simpulkan bahwasanya kita harus berpegang teguh pada sunnah Rasul dan sunnah Khulafa'ur Rasyidin yang TELAH DIBERI PETUNJUK. Umar bin khotob insya Allah dulu seorang Khulafa'ur Rasyidin yang telah di beri petunjuk, jadi jika ia sholat tarawih 20 rokaat ya berarti itu benar.

      Akan tetapi dari hadits yg di sisipkan dalam postingan ini mengatakan Rasulullah sholat tarawih 8 rokaat. Dan kita harus berpegang teguh pada sunnah Rosul.

      JIka di lihat sepertinya bertentangan, tapi mungkin saja Rasul mencontohkan 8 tapi tidak melarang yang 20.

      Jika anda ragu2, ya tinggalkan saja yang syubhat dan kembali kepada Qur'an dan Hadits

      sumber: http://muslim.or.id/hadits/hadits-hadits-tentang-bidah.html

      Ada yang tahu nggak hadits yang menyebutkan cara Rasulullah melakukan sholat tarawih (qiyam ramadhlon) ketika (jika Rasulullah pernah) mengimami para sahabat shalat tarawih ?

      Kalau ada tolong di share yah.....

      Hapus
    2. Semua benar
      Cumak madzhab syafi'i itu 20,kalau madzhab hanafi itu 8
      Itu kesepakatanya
      Dan kita di indonesia mayoritas imam syafi'i,jd ikut yang 20
      Kalau yang madzhab syafi'i tp kok 8,itu baru di pertanyakan

      Hapus
  4. riwayat 'Aisyah menurut saya semakin kuat, karena beluau yg lebih dekat, dan lebih tahu dari sahabat" yg lain. Jika ada yg lebih suka dg yg dilakukan Umar monggo dipersilahkan mengikutinya.

    BalasHapus
  5. Rasulullah saw. tidak pernah mengerjakan shalat pada bulan Ramadhan atau di luar Ramadhan lebih dari sebelas raka'at.
    (sholat tarawih apa witir ya????) peace...

    BalasHapus
  6. Tuhan umat islam ya ALLAH SWT, Ustad umat islam ya Nabi muhammad SAW.
    Nabi muhammad melakukan ibadah sesuai Wahyu Allah.
    Saudaraku Tolong di jaga kemurnian Wahyu Allah.
    Jangan ada yg menambah maupun mengurangi.
    kasihan anak cucu kita nanti mereka nanti kebingungan dan salah paham.
    kasihan mereka kalau salah cara beribadahnya.

    maaf bukan maksud menyinggung. Tapi ini demi kemurnian wahyu ALLAH Swt dan anak cucu kita nantinya.

    BalasHapus
  7. Ubay bin Ka’ab dalam mengimami seperti TARAWIH ( lama ) terjadilah sekelompok orang yang tidak kuat mengikuti, kemudian menyisihkan diri ke belakang . Dan mereka kemudian shalat dengan bacaan yang pendek–pendek. Namun agar sama pahalanya dengan yang melakukan 11 rakaat dengan bacaan panjang, maka mereka lipatkan dua sehingga menjadi 22 rakaat . Karena rakaat akhir harus gasal, maka ditambah satu rakaat menjadi 23 rakaat .
    Jadi shalat tarawih dengan 23 rakaat itu BUKAN perintah Umar, melainkan terjadi di masa Umar dan dilaukan oleh sebagian umat saja.
    Sebab menurut Al Muwatho di atas, Umar bin Khaththab melakukan dengan sebelas rakaat
    Keterangan bahwa 23 rakaat itu baru terjadi di MASAZAMAN Umar dan BUKAN ATAS Umar, ialah Hadits Atsar ( yang ternyata semuanya dla’if )di bawah ini :

    Dari Yazid bin Rumman riwayat Imam Malik
    كاَنَ النَّاسُ يَقُوْمـُوْنَ فِى زَمَانِ عُمَرَبْنِ الْخَطَّابِ بِثَلَاثٍ وَ عِشْرِيْنَ رَكْعَةً
    “Adalah sebagian umat – umat di masa Umar Bin Khoththob, melakukan sholat tarowih dengan 23 rakaat “.
    Keterangan ;
    Hadits ini dianggap dla’if oleh al Hafidh Az Zaila’i dalam kita An Nashbur Rayah jilid II hal 154
    Hadits ini dinilai Mursal oleh Imam an Nawawi dalam kitab Al Majmu’ jilid IV : 33. Yazid bin Rumman tidak pernah ketemu Umar
    Hadits ini dinilai munqathi’ oleh Al A’ini dalam kitab Umdatul qori’ Syarah Bukhori jilid V : 357
     Dari Al Harits bin Abdurrahman bin Abu Dzubaab dari Said bin Yazid riwayat Al Baihaqi
    أَنَّهُمْ يَقُوْمُوْنَ عَلَى عَهْدِ عُمَرَبْنِ الْخَطَّابِ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ بِثَلاَثٍ وَعِشْرِيْنَ رَكْعَةً
    “Sesungguhnya sebagian umat pada masa pemerintahan Umar bin Khotob, sholat lail di bulan romadlon 20 rakaat “.
    Keterangan :
    Imam Malik tidak i’timad dengan hadits ini
    Hadits ini dinilai oleh Ibnul Hajar dalam kitabnya at taqrib sebagai shaduq bihim
    Berdasar keterangan diatas, hadits –hadits yang menerangkan tarawih 21 dan atau 23 rakaat tidak satu pun yang shahih.
    Imam Malik menerangkan dalam kirabnya Al Muwaththa’, perkembangan sejarah selanjutnya ada yang menambah sehingga ada yang melakukan 36 – 3 , 46 – 3 atau 42 – 7 .

    BalasHapus
  8. berapa rakaat shalat lail *TARAWWIH ) berjamaah itu . Jawabnya ada di kitab Al Muwatho “ karya Imam Malik : Umar memerintah Ubayin bin Kaab dan Tamim Addari dengan sebelas rakaat. Keterangan dari Imam Malik riwayat Muhmammad bin Yusuf dari Saib bin Yazid :
    أَمَرَ عُمَرُبْنُ الْخَطَّابِ أَبَىَبْنَ كَعْبٍ وَ تَمِيْمًا اَلدَّارِى أَنْ يَقُوْمَ لِلنَّاسِ بِاِحْدَى عَشَرَةَ رَكْعَةً
    “Umar memerintah Ubay bin Ka’ab dan Tamim Ad Dari mengimami orang - orang dengan sebelas rakaat”
    ( baca “ SEPUTAR MASALAH SHALAT TARAWIH, “A. Mujab Mahalli dan Drs M. Shaleh, hal. 12 )
    Umar adalah orang yang terkenal tegas, maka kalau beliau memerintah orang untuk melakukan dengan 11 rokaat tentunya beliau juga melakukan dengan 11 rokaat .

    BalasHapus
  9. berapa rakaat shalat lail *TARAWWIH ) berjamaah itu . Jawabnya ada di kitab Al Muwatho “ karya Imam Malik : Umar memerintah Ubayin bin Kaab dan Tamim Addari dengan sebelas rakaat. Keterangan dari Imam Malik riwayat Muhmammad bin Yusuf dari Saib bin Yazid :
    أَمَرَ عُمَرُبْنُ الْخَطَّابِ أَبَىَبْنَ كَعْبٍ وَ تَمِيْمًا اَلدَّارِى أَنْ يَقُوْمَ لِلنَّاسِ بِاِحْدَى عَشَرَةَ رَكْعَةً
    “Umar memerintah Ubay bin Ka’ab dan Tamim Ad Dari mengimami orang - orang dengan sebelas rakaat”
    ( baca “ SEPUTAR MASALAH SHALAT TARAWIH, “A. Mujab Mahalli dan Drs M. Shaleh, hal. 12 )
    Umar adalah orang yang terkenal tegas, maka kalau beliau memerintah orang untuk melakukan dengan 11 rokaat tentunya beliau juga melakukan dengan 11 rokaat .

    BalasHapus
  10. Ubay bin Ka’ab dalam mengimami seperti TARAWIH ( lama ) terjadilah sekelompok orang yang tidak kuat mengikuti, kemudian menyisihkan diri ke belakang . Dan mereka kemudian shalat dengan bacaan yang pendek–pendek. Namun agar sama pahalanya dengan yang melakukan 11 rakaat dengan bacaan panjang, maka mereka lipatkan dua sehingga menjadi 22 rakaat . Karena rakaat akhir harus gasal, maka ditambah satu rakaat menjadi 23 rakaat .
    Jadi shalat tarawih dengan 23 rakaat itu BUKAN perintah Umar, melainkan terjadi di masa Umar dan dilaukan oleh sebagian umat saja.
    Sebab menurut Al Muwatho di atas, Umar bin Khaththab melakukan dengan sebelas rakaat
    Keterangan bahwa 23 rakaat itu baru terjadi di MASAZAMAN Umar dan BUKAN ATAS Umar, ialah Hadits Atsar ( yang ternyata semuanya dla’if )di bawah ini :

    Dari Yazid bin Rumman riwayat Imam Malik
    كاَنَ النَّاسُ يَقُوْمـُوْنَ فِى زَمَانِ عُمَرَبْنِ الْخَطَّابِ بِثَلَاثٍ وَ عِشْرِيْنَ رَكْعَةً
    “Adalah sebagian umat – umat di masa Umar Bin Khoththob, melakukan sholat tarowih dengan 23 rakaat “.
    Keterangan ;
    Hadits ini dianggap dla’if oleh al Hafidh Az Zaila’i dalam kita An Nashbur Rayah jilid II hal 154
    Hadits ini dinilai Mursal oleh Imam an Nawawi dalam kitab Al Majmu’ jilid IV : 33. Yazid bin Rumman tidak pernah ketemu Umar
    Hadits ini dinilai munqathi’ oleh Al A’ini dalam kitab Umdatul qori’ Syarah Bukhori jilid V : 357
     Dari Al Harits bin Abdurrahman bin Abu Dzubaab dari Said bin Yazid riwayat Al Baihaqi
    أَنَّهُمْ يَقُوْمُوْنَ عَلَى عَهْدِ عُمَرَبْنِ الْخَطَّابِ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ بِثَلاَثٍ وَعِشْرِيْنَ رَكْعَةً
    “Sesungguhnya sebagian umat pada masa pemerintahan Umar bin Khotob, sholat lail di bulan romadlon 20 rakaat “.
    Keterangan :
    Imam Malik tidak i’timad dengan hadits ini
    Hadits ini dinilai oleh Ibnul Hajar dalam kitabnya at taqrib sebagai shaduq bihim
    Berdasar keterangan diatas, hadits –hadits yang menerangkan tarawih 21 dan atau 23 rakaat tidak satu pun yang shahih.
    Imam Malik menerangkan dalam kirabnya Al Muwaththa’, perkembangan sejarah selanjutnya ada yang menambah sehingga ada yang melakukan 36 – 3 , 46 – 3 atau 42 – 7 .

    BalasHapus
  11. Kok beda dg fatwatarjih.com ya? Di situ diterangkan bhw 4 rakaat dg 1 salaam, sah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang sah
      Boleh 2 roka'at satu salaman
      Bileh juga 4 roka'at datu salaman
      Sama saja

      Hapus
  12. Assalammu'alaikum wr wb,saya belum tau tentang tata cara sholat tarawih yang benar,setau saya sebelum sholat tarawih ada sholat iftitah dua rokaat apa benar ? dan sebelum sholat iftitah ada dua rekaat sholat sunah muakad apa juga benar dan hukumnya bagaimana ? mohon bagi yang tau ,minta bantuanya sebelumnya terima kasih.wss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang benar
      Nabi mengajarkan seperti itu
      Jadi setelah sholat isyak melakukan sholat ba'da isyak
      Setelah itu mlakukan 2 roka'at yg ringan(cepat)
      Stelah itu batu sholat traweh 8 atau 20

      Hapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Kyai ahmad dahlan dulu madzhab syafi'i dg menjalankan smw amaliyah mnurut versi imam syafi'i
    Dan imam syafi'i berpendapat kalau trweh adalah 20 rka'at
    Dan itu terjadi sampai kyai ahmad dahlan wafat
    Stelah itu kenapa muhammadiyah menjadi 8 roka'at????
    Padahal penggagas pertamanya melakukan 20 roka'at
    Kalau yang 8 itu madzhab nya imam abu hanifah,apa muhammadiyah menjadi madzhab hanafi????
    Padahal gurunya (kyai ahmad dahlan) bermadzhab syafi'i
    Mohon krjelasanya
    Trima kasih

    BalasHapus
  15. Rosululloh melaksanakan solat traweh cuma awal romadlon dan akhir romadlon..klau ingin mengikuti cara nabi muhamad ikuti beliau cuma traweh awal dan akhir

    BalasHapus