Rabu, Agustus 08, 2012

Nama, Nasab, Istri dan Putra Pitri Rasulullah

Minggu, 19 Februari 2012

Mengenal Nama, Nasab, Istri dan Putra Pitri Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa Salam 

http://pcmdekso.blogspot.com/2012/02/mengenal-nama-nasab-istri-dan-putra.html

MUHAMMAD
Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa Ahlihi Wa Salam
Oleh: Sugiyanta, S.Ag, M.Pd



A. NAMA BELIAU SHALLALLAHU 'ALAIHI WA SALAM
Nama-nama beliau adalah 1) Muhammad, 2) Ahmad, 3) al-Mahi, 4) al-Hasyir, 5) al-'Aqib, 6) Nabiy ar-Rahmah, 7) Nabiyu ath-Thaubah, 8) al-Muqaffi, 9) Nabiy al-Malahim (lih. HR Imam Tirmidzi no. 2842, juga diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dalam kitab Shahih, lih. juga asy-Syamail Muhammadiyah oleh Imam Tirmidzi hadist no. 361, lih. juga Sejarah Nabi Muhammad oleh al-Hafidz ibn Katsir, at-Tibyan, Solo, hal.20, (HR Imam Tirmidzi, hadist no: 2842,)
B. NASAB
Dari Ayah
1. Muhammad bin 2. Abdullah (saudara dari al-Harist – az-Zubair –Abu Thalib (Abdul Manaf)– Abu Lahab (Abdul Uzza/Abdul Ka'bah) – Shafiyyah – Ummu Hukaim – Hamzah) bin 3. Abdul Muthalib (Syaibatul Hamd) adik dari Raqayyah, bin 4. Hasyim (Amru) (saudara dari Abdu Syams – Naufal – al-Muthalib – Asad) bin 5. Abdul Manaaf (saudara dari Abdul Uzza – Abdudaar – Abd) bin 6. Qushayy (Zaid) (saudara dari Zuhrah) bin 7. KILAB (saudara dari Taim – Yaqzah (Abu Mahzuum))bin 8. Murrah (saudara dari Addiy – Hushaish) bin 9. Ka'ab (saudara dari Amir – Saamah – Khuzaimah – Sa'ad – al-Harist – Auf) bin 10. Luayy (saudara dari Taim al-Dram), bin 11. Ghalib (saudara dari al-Harist – Muharrib), bin 12 Fihr (saudara dari al-Harist), bin 13. Malik (saudara dari ash-Shalt – Makhlad), bin 14. An-Nadhr (saudara dari Malik – Malkaan), bin 15. Kananah (saudara dari Asad – Asadah – al-Hun), bin 16. Khuzaimah (saudara dari Huzail), bin 17. Mudrikah (Amru) (saudara dari Thabikah (Amir) – Qam'ah, bin 18. Ilyas (saudara dari an-Nas (Ailan), bin 19. Nazar (saudara dari Qudha'ah) bin 20. Ma'ad, bin 21 Adnan (Lih. HR Bukhari no. ____, Sejarah Nabi Muhammad oleh al-Hafidz ibn Katsir, at-Tibyan, Solo, hal.20)
Dari Ibu
1. Muhammad 2. Aminah bin 3. Wahb (adik Wuhayb, ayah Halah ibunda Hamzah paman nabi) bin 4. Abdi Manaf bin 5. Zuhrah bin 6. KILAB
C. WAKTU DAN TEMPAT KELAHIRAN
Lahir di kota Makkah pada hari Senin (HR Ahmad I/277, Bukhari no. 3906, Muslim 1162). Tanggal 2 atau 8 atau 10 atau 12 Rabiul Awwal atau Ramadlan (menurut Zubair bin Bakar, tetapi ini dipandang aneh), pada tahun gajah 50 hari atau 58 hari setelah peristiwa tentara gajah.
D. WAKTU DAN TEMPAT WAFAT
Pada hari Kamis akhir Shafar atau awal Rabiul Awal, Nabi shalallahu alaihi wa salam mengalami sakit pusing-pusing di rumah istrinya Maimunah. Dan minta tinggal di rumah istrinya, Aisyah, mengalami sakit selama 12 hari dan wafat pada waktu dluha hari Senin (HR al-Bukhari no. 680, Muslim no. 419), tanggal 12 Rabiul Awwal 10 H atau 8 Juni 632 M. Pada usia 63 tahun (HR al-Bukhari no. 3536, Muslim no. 2348).
D. ISTRI DAN PUTRA/PUTRI
1. KHADIJAH BINTI KHUWAILID bin Asad bin Abdul Uzza bin Qushay adalah istri pertamanya wafat pada tanggal 10 Ramadlan. Dia pernah cerai dari suami pertama Atiq bin Aidl meninggalkan seorang gadis, Hindun, dan suami kedua, Abu Halah, meninggalkan seorang putra bernama Halah yang meninggal membela Ali radliallahu 'anhu dalam perang Shiffin. Dengan Khadijah radiallahu 'anha Nabi memiliki anak pertama Qasim yang wafat ketika masih kanak-kanak. Putri kedua adalah Zainab istri Abu al-'Ash bin Abdul Uzza dan dikaruniai anak Ali dan Hindun. Zaenab wafat tahun 8 H. Putri ketiga adalah Ruqayyah, pernah nikah dengan Utbah bin Abdul Uzza, lalu nikah dengan Usman bin Affan dan karuniai 1 anak bernama Abdullah. Ruqayyah wafat pada tahun 2 H saat perang Badar. Putri keempat adalah Ummu Kultsum, pernah nikah dengan 'Utaybah bin Abdul Uzza. Kemudian dinikahi oleh Usman bin Affan. Ia wafat pada tahun 9 H. Putri kelima adalah Fathimah, pada usia 15-18 tahun, ia nikah dengan Ali bin Abi Thalib pada bulan Ramadlan 2 H. Dikaruniai anak Hasan, Husain, Muhassin, Zainab, Ummu Kultsum yang diperistri oleh Uma bin Khaththab dan dikarunia anak bernama Zaid bin Umar bin Khaththab. Fathimah wafat 6 bulan setelah Rasulullah shalallahu 'alaihi wa salam wafat. Putra keenam adalah Abdullah, yang meninggal ketika masih kanak-kanak.
2. SAUDAH BINTI ZUM'AH AL-AMIRIAH AL-QURAISYIAH. Wafat pada akhir tahun 8 H.
3. AISYAH BINTI ABU BAKAR, dinikahi Nabi pada 1 atau 2 tahun sebelum hijrah. Dan digauli pada syawal tahun 2 H. Ketika Nabi wafat usianya baru 17 atau 19 tahun. Wafat tahun 58 H
4. HAFSHAH BIN UMAR BIN KHATHTHAB, dinikahi pada tahun 3 H. Wafat tahun 40 H. Rasulullah pernah menceraikannya namun rujuk kembali (HR Abu Dawud no. 2283, an-Nasa'i no. 3562, Ibn Majah no. 2016).
5. UMMU SALAMAH, namanya adalah Hindun binti Abi Umayyah. Ia janda dari Abu Salamah (Abdullah bin Abdul Asad bin Hilal bin Abdullah bin Amru bin Makhzum) yang meninggal karena luka perang Badar. Rasul menikahinya pada tahun 3 H dengan wali Umar bin Abi Salamah (HR an-Nasa'i no. 3254). Ia wafat pada tahun 69 H.
6. ZAINAB BINTI JAHSY. Ia dinikahi nabi pada tahun 3 H dan wafat tahun 20 H. Ia adalah janda Zaid anak angkat Nabi shalallahu 'alaihi wa salam. Wali pernikahannya adalah Allah ta'ala (Surat al-Ahzab: 37, HR Bukhari no. 7420,7421).
7. JUWAIRIYYAH BINTI AL-HARIST BIN ABI DHIRAR AL-MUSHTHALIQIYAH. Ia dinikahi pada tahun 6 H. Wafat pada tahun 45 atau 50 H.
8. SHAFIYYAH BINTI HUYAY BIN AKHTHAB AL-ISRAILIYAH AL-HARUNIYAH AN-NADHIRIYAH. Ia dinikahi pada tahun 7 H, saat perang Khaibar. Wafat pada tahun 50 H.
9. UMMU HABIBAH (RAMLAH BINTI ABU SUFYAN SHAKHR BIN HARB BIN UMAYAH BIN ABDUSY-SYAMS). Dinikahi Nabi shalallahu 'alaihi wa salam pada tahun 6 H. Ia janda dari Ubaidillah bin Jahsy. Mahar dibayar oleh Raja Najasyi (HR Abu Dawud no. 2107, an-Nasa'i no. 3350). Ia wafat pada tahun 40.
10. MAIMUNAH BINTI AL-HARIST AL-HILALIYAH. Dinikahi Nabi shalallahu 'alaihi wa salam pada tahun 6 H. Wafat pada tahun 51 H.
11. MARIA BINTI SYAM'UN AL-QIBTHIYAH. Ia adalah seorang budak pemberian penguasa Iskandaria Mesir. Dengan Rasulullah ia memiliki seorang putra bernama Ibrahim, yang meninggal saat kanak-kanak. Ia wafat pada tahun 16 H.
12. RAIHANAH BINTI AMRU. Ia seorang budak tawanan perang Bani Quraizhah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar